Loading…
Penyakit A-Z

Vertigo

Secara garis besar, penyebab terjadinya vertigo dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, yaitu vertigo perifer (disebabkan oleh kelainan pada telinga dalam) dan vertigo sentral (disebabkan oleh kelainan di otak).

Vertigo Perifer

Kebanyakan kasus vertigo disebabkan oleh kelainan yang terdapat pada telinga dalam. Beberapa penyebab paling sering terjadinya vertigo perifer adalah:

  1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV): terjadi akibat adanya gumpalan partikel kalsium di dalam kanal yang terdapat di telinga dalam. Kanal ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke otak mengenai keseimbangan tubuh. Sehingga gangguan pada kanal ini dapat mempengaruhi persepsi otak mengenai keseimbangan tubuh yang berujung pada sensasi berputar/vertigo. BPPV dipicu oleh perubahan spesifik dari posisi kepala, seperti gerakan tiduran secara tiba-tiba, gerakan menoleh, dan sebagainya.
  2. Penyakit Meniere: disebabkan karena adanya penumpukan cairan yang mengubah tekanan di telinga bagian dalam.
  3. Neuritis vestibular atau labirinitis: terjadi akibat inflamasi atau infeksi di sekitar persarafan di telinga dalam yang berperan penting dalam membantu tubuh mempertahankan keseimbangan.
  4. Kelumpuhan saraf kranial VIII yang bertanggung jawab terhadap pendengaran dan keseimbangan tubuh.
  5. Otitis media: merupakan infeksi telinga tengah. Apabila tidak mendapatkan pengobatan yang adekuat, maka infeksi ini dapat menyebar ke telinga bagian dalam dan menimbulkan berbagai komplikasi termasuk vertigo.

Vertigo Sentral

Beberapa kasus vertigo disebabkan karena adanya perubahan atau proses tertentu di otak seperti:

  1. Cedera pada kepala dan leher.
  2. Stroke atau tumor pada otak.
  3. Konsumsi obat-obatan tertentu.
  4. Sakit kepala migrain.

 

KAPAN PERLU KE DOKTER?

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu apabila gejala-gejala vertigo semakin tidak tertahankan dan parah. Saat vertigo menyerang dan Anda sudah tidak bisa berjalan karena terlalu pusing maka Anda perlu segera cek agar dokter dapat mendiagnosis dan ditangani dengan cepat.

Sumber: