Loading…
Penyakit A-Z

Vertigo

Tatalaksana pengobatan vertigo juga bergantung dari penyebabnya. Beberapa kasus vertigo dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Hal ini disebabkan oleh kemampuan otak manusia untuk beradaptasi dengan perubahan di telinga bagian dalam. Walaupun beberapa kasus vertigo tidak disebabkan oleh sebuah kelainan yang serius, tetapi vertigo dapat meningkatkan risiko jatuh, sehingga pemberian tatalaksana terkadang diperlukan. Pada kasus lainnya yang lebih serius, pengobatan mungkin diperlukan untuk mengurangi keluhan vertigo. Berikut ini merupakan tatalaksana vertigo:

  1. Rehabilitasi vestibular: merupakan suatu jenis terapi fisik yang bertujuan untuk memperkuat system vestibular pada telinga yang berperan dalam proses mempertahankan keseimbangan. Biasanya terapi ini diberikan apabila pasien terus mengalami vertigo berulang.
  2. Manuver reposisi kanalit: biasanya dianjurkan bagi pasien penderita vertigo yang dipengaruhi oleh perubahan posisi (BPPV). Manuver ini dilakukan untuk memindahkan deposit kalsium dari dalam kanal ke dalam telinga tengah, sehingga dapat diserap oleh tubuh
  3. Tatalaksana dengan obat-obatan: pengobatan tertentu mungkin diberikan untuk mengurangi keluhan mual dan muntah akibat vertigo. Apabila ditemukan adanya infeksi atau inflamasi struktur telinga dalam, maka dokter dapat memberikan antibiotik atau steroid untuk mengurangi pembengkakan dan mengobati infeksi. Pada kasus penyakit Meniere, pemberian obat golonga diuretik dapat diberikan untuk mengurangi tekanan akibat penumpukan cairan di telinga dalam.
  4. Operasi: apabila vertigo disebabkan oleh proses yang terjadi di otak seperti tumor atau cedera kepala, maka operasi dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat ditawarkan.