Loading…
Penyakit A-Z

Rubella

Rubella sebenarnya dapat reda dengan sendirinya. Oleh karenanya, tidak ada perawatan khusus yang diperlukan. Penanganan hanya diberikan untuk meringankan gejala dan mencegah komplikasi.

Gejala rubella dapat hilang tanpa perawatan setelah kurang lebih 7 – 10 hari. Tetapi tetap ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala, sambil menanti Istirahat total di tempat tidur.

  • Konsumsi parasetamol, atau ibuprofen untuk meredakan demam tinggi dan mengurangi rasa nyeri yang mungkin dirasakan.
  • Demam juga dapat diredakan dengan kompres air suhu ruangan (tidak panas, tidak dingin) pada dahi.
  • Konsumsi banyak cairan untuk mengurangi risiko dehidrasi dan ketidaknyamanan akibat batuk. Mengonsumsi air jeruk nipis hangat dan madu juga dapat membantu meredakan saluran pernapasan, meredakan batuk, dan mengencerkan dahak. Tetapi hindari memberikan madu pada bayi di bawah setahun.
  • Untuk  meredakan hidung beringus, batuk, dan sakit tenggorokan, Anda dapat menghirup uap hangat dengan menempatkan air panas pada mangkok. Tutup mata dan tarik napas dalam-dalam. Namun cara ini sebaiknya tidak digunakan oleh anak-anak karena berisiko menyebabkan mata pedih. Sebagai alternatif, mereka dapat diajak berendam dalam bak penuh air hangat, atau menghirup udara dari penyejuk udara yang ditutup handuk basah.

Selain istirahat di rumah agar tidak menularkan virus ke orang lain, sebaiknya hindarkan kontak terutama dengan ibu hamil untuk mengurangi risiko gangguan serius pada janin. Hindari juga kontak dengan orang yang mengalami kelainan atau kurangnya sistem kekebalan tubuh seperti pengidap HIV.

Sementara itu penanganan rubella pada ibu hamil perlu dilakukan oleh dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi yang mungkin akan memberikan antibodi bernama globulin hiperimun yang dapat melawan infeksi.

Antibodi ini dapat meredakan gejala, tetapi tidak mengurangi risiko bayi untuk mengalami sindrom kongenital rubella atau kelainan bawaan. Janin atau bayi yang lahir dengan kelainan bawaan akibat rubella perlu segera mendapat penanganan dari spesialis.

Konsultasikan diri Anda atau anak Anda ke Dokter atau Dokter Spesialis Anak apabila mengalami gejala di atas. Jika Anda sedang hamil dan mengalami gejala di atas, segera konsultasikan diri anda ke Spesialis Obstetri dan Ginekologi Anda atau dapat menghubungi Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsula.

 

PENGOBATAN MANDIRI

Terdapat beberapa cara untuk pengobatan mandiri jika Anda (yang tidak sedang hamil) atau anak Anda terkena rubella:

  • Istirahat yang cukup di kasur
  • Konsumsi parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi demam
  • Beritahu kepada orang di sekitar Anda jika Anda sedang terkena penyakit ini, jangan masuk sekolah atau kantor selama masa penyembuhan
  • Jauhi orang-orang yang memiliki imunitas rendah