Loading…
Artikel, Kecantikan, Kesehatan kulit/kecantikan

Percayakan Operasi Plastik Pada Dokter Spesialis Bedah Plastik


Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone
plasticsurgery1

Operasi plastik atau bedah plastik kian marak dilakukan untuk menambah kesempurnaan kecantikan kaum hawa. Namun, operasi plastik sendiri pada dasarnya tidak hanya untuk menambah kecantikan seseorang tetapi ada berbagai macam tujuan. Agar operasi plastik berhasil dan tidak ada efek samping yang fatal, maka percayakan pada dokter spesialis bedah plastik.dot

Bedah plastik” berasal dari bahasa Yunani yaitu plastikos, yang berarti “membentuk” atau memberi bentuk. Dokter bedah plastik merupakan cabang dari ilmu bedah yang fokus memperbaiki dan merekonstruksi jaringan dan kulit yang rusak atau hilang mulai dari wajah hingga tubuh.

Tujuan utama bedah plastik adalah untuk mengembalikan fungsi kulit dan jaringan sehingga sebisa mungkin dapat kembali normal. Sementara tujuan kedua adalah untuk memperbaiki penampilan. Maka secara lebih detail, dokter bedah plastik umumnya bekerja memperbaiki beberapa hal berikut:

  • Jaringan tubuh yang rusak akibat pengangkatan jaringan kanker, seperti kanker pada wajah atau payudara.
  • Cacat bawaaan dari lahir, seperti bibir sumbing hingga jari berselaput.
  • Cidera serius seperti luka bakar yang meluas hingga kecelakaan lalu lintas.
  • Penyakit tertentu seperti hemangioma (tumor pembuluh darah yang menonjol keluar)

Dokter bedah plastik bergelar Sp.BP-RE atau Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik yang sebelumnya telah menempuh pendidikan 10 semester.

Saat ini spesifikasi bedah plastik terdiri dari dua bidang:

  • Bedah plastik rekonstruksi: memperbaiki kulit dan jaringan tubuh yang tidak normal.
  • Bedah plastik estetika/kosmetik: memperbaiki atau membentuk kembali struktur normal dari tubuh agar tampil lebih baik, sesuai kebutuhan dan permintaan pasien. Misal: merampingkan tubuh, pengencangan kulit wajah, memancungkan hidung.

Bedah plastik menuntut kesempurnaan teknik dan prosedur yang terukur. Bukan saja memperbaiki, dokter bedah plastik juga harus memahami estetika dan unsur simetris. Kesalahan prosedur dan teknik membuat hasil tidak hanya tidak sesuai harapan, tapi juga dapat membahayakan nyawa pasien.

Di Indonesia, bedah plastik dirintis oleh Profesor Moenadjat Wiratmadja, lulusan spesialis bedah dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) pada 1958. Kini dokter-dokter spesialis bedah plastik Indonesia tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia (Perapi) yang terbentuk pada 1982.

Sayangnya, jumlah dokter spesialis bedah plastik di Indonesia masih sangat terbatas.

Saat ini jumlah dokter spesialis bedah plastik yang menjadi anggota Perapi kurang lebih kurang dari 200 orang, dengan sekitar 50% berada di Jakarta. Jika rasio dokter ideal adalah satu berbanding 10.000, maka jumlah dokter bedah plastik Indonesia paling sedikit seharusnya adalah 2500 orang.

Dampaknya, banyak klinik ilegal yang akhirnya menawarkan bedah plastik estetika yang dijalankan bukan oleh dokter spesialis. Maka, jika Anda atau kerabat membutuhkan jasa dokter bedah plastik, pastikan latar belakang pendidikan dokter tersebut dan apakah ia beroperasi di klinik yang sesuai prosedur dan standar.

Sumber:

 

Facebook Comments