Loading…
Penyakit A-Z

Melasma

Pencegahan terhadap timbulnya atau bertambah berat serta kambuhnya melasma adalah melakukan ekstra perlindungan kulit khususnya terhadap paparan sinar matahari langsung, terlebih bila mengetahui ada riwayat keluarga yang mengalami melasma.

Tidak semua kasus melasma akan bersih total dengan pengobatan, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah keparahan melasma dan untuk meminimalisir munculnya perubahan warna.

Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah melasma, mencegah tingkat keparahan melasma yang dialami dan mengurangi perubahan warna pada kulit:

  • Sebisa mungkin usahakan untuk menghindari paparan langsung sinar ultra violet dari matahari terutama antara pukul 09.00-15.00.
  • Gunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30. Pemakaian tabir surya dianjurkan 30 menit sebelum terkena pajanan sinar matahari.
  • Gunakan payung atau topi bertepi lebar yang berfungsi sebagai perisai wajah sehingga memberikan keteduhan bagi kulit wajah Anda.
  • Mengenakan pakaian yang dapat melindungi kulit tubuh dari sinar matahari, terutama penting jika Anda akan berada wilayah tropis yang intens berada di bawah sinar matahari untuk jangka waktu panjang.
  • Hentikan penggunaan hal-hal yang dapat memicu terjadinya melasma, seperti: pil kontrasepsi, kosmetika yang berwarna dan mengandung parfum, obat-obatan yang mengandung hidantoin (obat epilepsi), sitostatika (obat kemoterapi kanker), antimalaria dan minosiklin (antibiotik).

Sumber: https://www.aad.org/public/diseases/color-problems/melasma#treatment