Loading…
Penyakit A-Z

Melasma

Melasma adalah gangguan kulit yang umum diperoleh, dengan ditandai dengan adanya bercak hiperpigmentasi berwarna coklat, sawo matang atau biru keabu-abuan akibat paparan sinar matahari. Umumnya, bercak pasien melasma berada di kulit wajah (dahi, pipi, dan bibir), leher dan lengan (jarang). Tak heran, melasma merupakan gangguan kulit yang banyak dialami oleh penduduk daerah tropis seperti Latin dan Asia. Melasma umumnya dialami oleh perempuan dewasa yang berusia 20 hingga 50 tahun. Namun, kaum pria juga dapat pula mengalami melasma namun kasusnya sangat jarang. Di Indonesia, kasus melasma lebih banyak dialami oleh kaum perempuan dibandingkan pria, dengan angka perbandingan sebanyak 24:1. Usia pasien melasma di Indonesia berkisar di usia 30-44 tahun.

 

Definisi Melasma

Melasma adalah gangguan kulit yang umum diperoleh, dengan ditandai dengan adanya bercak hiperpigmentasi berwarna coklat, sawo matang atau biru keabu-abuan akibat paparan sinar matahari. Umumnya, bercak pasien melasma berada di kulit wajah (dahi, pipi, dan bibir), leher dan lengan (jarang). Tak heran, melasma merupakan gangguan kulit yang banyak dialami oleh penduduk daerah tropis seperti Latin dan Asia.

Melasma umumnya dialami oleh perempuan dewasa yang berusia 20 hingga 50 tahun. Namun, kaum pria juga dapat pula mengalami melasma namun kasusnya sangat jarang. Di Indonesia, kasus melasma lebih banyak dialami oleh kaum perempuan dibandingkan pria, dengan angka perbandingan sebanyak 24:1. Usia pasien melasma di Indonesia berkisar di usia 30-44 tahun.

Melasma banyak dialami oleh kaum perempuan dikarenakan banyak faktor, di antaranya dikaranakan faktor hormonal yakni, misal seperti dampak dari penggunaan pil KB, atau juga akibat perubahan hormon saat masa kehamilan. Selain itu, paparan sinar matahari juga diduga dapat menjadi pemicu munculnya melasma. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang dengan melasma memiliki riwayat harian atau intermiten paparan sinar matahari, meskipun suhu panas juga diduga menjadi faktor yang mendasari.

Melasma dapat hilang dengan sendirinya. Pencegahan melasma diutamakan dengan meningkatkan perlindungan kulit dari bahaya paparan sinar matahari langsung. Pengobatan melasma melibatkan pengobatan topikal dengan mengaplikasikan krim atau losion tabir surya, obat-obatan seperti 4% hydroquinone dan krim pemudar lainnya.

Sumber: