Loading…
Penyakit A-Z

Lupus

Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat mempengaruhi banyak area tubuh Anda, seperti pada:

  • Ginjal. Lupus dapat menyebabkan kerusakan serius pada ginjal, dan gagal ginjal adalah salah satu penyebab utama kematian di antara orang dengan lupus. Tanda dan gejala ada masalah pada ginjal yakni gatal-gatal umum, nyeri dada, mual, muntah dan kaki bengkak (edema).
  • Otak dan sistem saraf pusat. Jika otak Anda dipengaruhi oleh lupus, Anda mungkin mengalami sakit kepala, pusing, perubahan perilaku, halusinasi, dan bahkan stroke atau kejang. Banyak orang yang mengidap penyakit lupus mengalami masalah memori dan mengalami kesulitan mengekspresikan apa yang ada di pikiran mereka.
  • Darah dan pembuluh darah. Lupus dapat menyebabkan gangguan pada darah, termasuk anemia dan meningkatkan risiko perdarahan atau pembekuan darah. Lupus juga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah (vaskulitis).
  • Paru-paru. Mengidap penyakit lupus meningkatkan peluang Anda untuk mengalami radang selaput rongga dada (pleuritis), yang dapat membuat pernapasan menyakitkan. Anda juga mungkin lebih rentan terhadap pneumonia.
  • Jantung. Lupus dapat menyebabkan peradangan pada otot jantung, arteri atau membran jantung (pericarditis). Risiko penyakit dan serangan jantung kardiovaskular juga menjadi sangat meningkat.

 

Jenis komplikasi lainnya

Memiliki lupus juga meningkatkan risiko:

  • Infeksi. Orang dengan lupus lebih rentan terhadap infeksi karena baik sifat penyakit ini dan perawatannya melemahkan sistem kekebalan tubuh. Infeksi yang paling sering mempengaruhi orang-orang dengan lupus termasuk infeksi saluran kemih, infeksi pernapasan, infeksi ragi, salmonella, herpes dan herpes zoster.
  • Kanker. Lupus meningkatkan risiko kanker.
  • kematian jaringan tulang (nekrosis avaskular). Hal ini terjadi ketika pasokan darah ke tulang berkurang, sering berhenti sesaat dan akhirnya tulang rapuh dan runtuh. Sendi pada pinggul yang paling sering terkena efek lupus.
  • Komplikasi kehamilan. Wanita dengan lupus memiliki peningkatan risiko keguguran. Lupus meningkatkan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan (preeklampsia) dan kelahiran prematur. Untuk mengurangi risiko komplikasi ini, dokter sering merekomendasikan menunda kehamilan sampai penyakit Anda telah berada di bawah kendali selama sedikitnya enam bulan.