Loading…
Penyakit A-Z

Keputihan

Keputihan yang disebabkan karena proses fisiologis (keputihan normal) tidak memerlukan pengobatan secara medis. Kendati demikian, kebersihan area organ kewanitaan perlu senantiasa dijaga kebersihannya.

Berbeda dengan keputihan yang tergolong keputihan abnormal (keputihan patologis). Keputihan yang tidak wajar perlu untuk diperiksakan ke dokter agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Pengobatan keputihan dibagi menjadi dua, yaitu:

Pengobatan Keputihan Non-Farmakologis

  • Perubahan tingkah laku: keputihan yang disebabkan oleh jamur akan lebih berkembang dengan cepat jika genitalia berada dalam keadaan hangat, lembab, atau basah. Untuk menjaga kebersihan genitalia, seorang perempuan dilarang menggunakan celana dalam yang belum kering dan terlalu ketat. Kebersihan diri sendiri dan kebersihan organ kewanitaan harus diperhatikan karena hal ini sangat membantu dalam proses pengobatan maupun pencegahan gejala keputihan. Keadaan bersih dan kering pada area vagina harus dipertahankan untuk menjaga kelembabannya. Penggunaan pembalut juga harus diperhatikan, karena dapat menyebabkan terjadinya keputihan. Selain itu, seorang perempuan juga harus memperhatikan kebersihan setelah buang air besar dan buang air kecil. Segera keringkan area vagina setelah dibasuh air dengan tisu atau handuk khusus yang bersih.
  • Pengobatan psikologis: pengobatan ini terutama ditunjukan kepada perempuan yang mengalami masalah keputihan secara fisiologis. Karena tak jarang wanita dengan gejala keputihan fisiologis disebabkan oleh stres akibat suatu pekerjaan atau keadaan.

Pengobatan Keputihan Secara Farmakologis

Keputihan yang disebabkan jamur seperti kandidiasis bisa diobati dengan obat anti  jamur. Obat dapat berbentuk obat oral atau pun topikal (krim/salep). Yang sering di gunakan yaitu flukonazol 150 mg single dose atau mikonazol selama 3 hari berturut turut. Pada ibu hamil biasanya digunakan nistatin tetes atau mikonazol suppositoria.

Keputihan yang disebabkan parasit seperti trikomoniasis bisa di obati dengan metronidazol atau tinidazol.

Keputihan tidak spesifik yang disebabkan oleh bakteri, seperti bakteri  Escherichia coli atau Streptococcus bisa diberikan antibiotik seperti amoksilin dan kloramfenikol, dll.