Loading…
Penyakit A-Z

Keputihan

Keputihan yang disebut juga leukorea atau fluor albus merupakan suatu tanda atau gejala dari suatu keadaan yang ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina selain darah (menstruasi). Keputihan bisa merupakan kondisi normal maupun abnormal tubuh. Cairan ini diproduksi oleh leher rahim atau serviks. Keputihan yang normal tidak memiliki bau atau warna khusus, tidak disertai dengan rasa gatal atau nyeri di sekitar vagina. Pada keputihan yang abnormal, maka keputihan dapat berwarna dan berbau, disertai keluhan gatal dan nyeri. Terdapat beberapa penyebab terjadinya keputihan seperti infeksi jamur, bakteria, atau parasit.

 

Definisi Keputihan

Keputihan (leukorrea / fluor albus) merupakan keadaan di mana seorang perempuan mengalami keluarnya cairan dari vagina selain darah menstruasi. Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis merupakan keputihan yang wajar, normal dan sehat.

Keputihan fisiologis bisa dicirikan dengan adanya cairan yang lengket dan tebal yang disekresikan oleh membran dan kelenjar mukosa (berupa mukus). Cairan tersebut mengandung banyak epitel dengan leukosit jarang. Sedangkan pada kondisi keputihan patologis terdapat banyak leukosit (sel darah putih) yang mengindikasikan adanya suatu infeksi.

Dalam keadaan normal, cairan lendir pada vagina berfungsi membersihkan dan melindungi vagina dari bakteri, jamur dan parasit jahat (patogen). Fungsi perlindungan ini didukung dengan adanya keasaman yang dihasilkan oleh flora normal vagina atau basa disebut dengan bakteri-bakteri baik yang hidup di vagina. Bakteri baik tersebut (seperti Lactobacilli, Streptococci, Corynebacteria, Candida, dan Actinomyces) tumbuh di dalam vagina sebagai flora normal yang mencegah berkembangnya infeksi yang disebabkan bakteri jahat. Bakteri baik berupa flora normal tersebut juga berfungsi memfermentasikan glikogen yang terdapat dalam lapisan mukosa vagina untuk mempertahankan tingkat keasaman vagina.