Loading…
Penyakit A-Z

Kanker Payudara

Ada beberapa cara untuk mengobati kanker payudara, tergantung pada jenis dan tahap.

Pengobatan lokal: Beberapa pengobatan ada yang disebut terapi lokal, yang berarti mereka memperlakukan tumor tanpa mempengaruhi seluruh tubuh. Jenis terapi lokal yang digunakan untuk kanker payudara meliputi: bedah & terapi radiasi. Perawatan ini lebih mungkin untuk menjadi berguna pada tahap awal kanker, meskipun terapi ini juga dapat digunakan dalam beberapa situasi lainnya.

Pengobatan sistemik: Kanker payudara juga dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan, yang dapat diberikan melalui mulut atau langsung ke dalam aliran darah. Ini disebut terapi sistemik karena mereka dapat mencapai sel-sel di mana saja di tubuh. Tergantung pada jenis kanker payudara, beberapa jenis obat dapat digunakan, termasuk: kemoterapi, terapi hormon, terapi target (targeted therapy).

Setiap pasien kanker payudara mendapatkan lebih dari satu jenis pengobatan untuk kanker mereka, tergantung kebutuhan kondisi kesehatannya. Kebanyakan pasien  kanker payudara akan memiliki beberapa jenis operasi untuk mengangkat tumor. Tergantung pada jenis kanker payudara dan bagaimana keganasannya. Jenis perawatan lainnya juga terkadang dibutuhkan, baik sebelum atau setelah operasi, atau keduanya. Bedah kurang cenderung menjadi bagian utama dari pengobatan untuk kanker payudara stadium lanjut.

Rencana perawatan khusus didasarkan pada jenis kanker payudara dan situasi khusus, seperti:

  • Kanker payudara non-invasif (DCIS / LCIS)
  • Kanker Payudara Invasif (Stadium I hingga IV)
  • Kanker payudara pada perempuan yang sedang mengandung

Rencana perawatan Anda akan tergantung pada faktor-faktor lain juga, termasuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan preferensi pribadi.

Jika Anda memiliki kanker payudara, segera hubungi Dokter Spesialis Bedah atau Dokter Spesialis Bedah Kanker untuk menentukan terapi yang tepat dan sesuai untuk Anda. Tidak ada data yang mendukung terapi pengobatan herbal dan non-medis.

 

PENGOBATAN MANDIRI

Vonis kanker payudara dapat menjadi sesuatu yang mengejutkan.  Setiap orang menemukan caranya sendiri untuk mengatasi keadaan setelah didiagnosis kanker. Sampai Anda menemukan caranya, hal-hal berikut dapat membantu:

  • Mempelajari secara wajar tentang kanker payudara agar dapat menentukan pelayanan yang tepat untuk Anda. Anda dapat bertanya tentang detil dari jenis kanker payudara yang Anda alami kepada Dokter Anda.
  • Berbicaralah dengan survivor kanker payudara yang lain.
  • Temukan seseorang yang dapat Anda ajak bicara mengenai perasaan Anda.
  • Tetap dekat dengan keluarga dan teman-teman Anda.
  • Bicarakan tentang hal ini kepada pasangan Anda.