Loading…
Penyakit A-Z

Kanker Payudara

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker payudara meliputi:

  • Periksa payudara. Dokter Anda akan memeriksa kedua payudara Anda dan kelenjar getah bening di ketiak, untuk mengetahui apakah ada benjolan atau kelainan lainnya.
  • Mammogram. Mammogram merupakan salah satu jenis pemeriksaan pada payudara dengan menggunakan sinar X dalam dosis rendah untuk mendeteksi adanya sel kanker. Selama pemeriksaan mammogram berlangsung, payudara akan ditekan diantara dua buah benda permukaan sebuah alat periksa untuk melihat jaringan payudara. Sinar X yang dipancarkan akan menangkap kelainan sel yang ada pada payudara jika seseorang positif menderita kanker.
  • USG payudara. USG menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar struktur jauh di dalam tubuh. USG dapat membantu membedakan antara massa yang solid atau padat dan kista berisi cairan. USG sering diperoleh sebagai bagian dari pemeriksaan ketika baru ditemukan benjolan.
  • Biopsi. Cara lain untuk mengetahui keberadaan sel kanker yaitu dengan cara biopsy, yakni mengambil sampel sel payudara untuk di uji di bawah lensa mikroskop. Biopsi juga berfungsi untuk menentukan jenis sel yang terlibat dalam kanker payudara, agresivitas (grade) dari kanker, dan apakah sel-sel kanker memiliki reseptor hormon atau reseptor lain (dengan pemeriksaan imunohistokimia) yang dapat mempengaruhi pilihan pengobatan Anda.

 

Tes dan prosedur lainnya dapat digunakan tergantung pada situasi Anda.

 

Tingkatan Stadium Kanker Payudara

Setelah dokter mendiagnosis kanker payudara, ia akan menetapkan tingkat (stage) dari kanker Anda. Stadium kanker membantu menentukan prognosis dan pilihan pengobatan terbaik.

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mengetahui tahapan kanker payudara dapat meliputi:

  • Tes darah, seperti hitung darah lengkap
  • Mammogram kedua payudara untuk mencari tanda-tanda kanker
  • MRI Payudara
  • Pemindai tulang (bone scan)
  • Computerized Tomography (CT) scan
  • Positron Emission Tomography (PET) scan

 

Tidak semua perempuan yang dinyatakan mengidap kanker payudara akan membutuhkan semua tes dan prosedur tersebut. Dokter Anda yang akan memilihkan tes yang tepat berdasarkan keadaan khusus Anda dan mempertimbangkan gejala-gejala baru yang Anda mengalami.

Tahap kanker payudara berkisar dari 0 sampai IV dengan 0 kanker menunjukkan sifat non-invasif. Kanker payudara stadium IV, juga disebut kanker payudara metastatik, menunjukkan kanker yang telah menyebar ke area lain dari tubuh.