Loading…
Penyakit A-Z

Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak mematikan wanita. Kanker merupakan kumpulan sel-sel yang memiliki pertumbuhan yang berlebihan tidak terkendali. Tidak jarang penyakit ini akan mengalami perjalanan hingga sel kanker yang awalnya hanya ada di jaringan payudara, menjadi berada di organ lain atau mengalami metastasis.

Survival rate dari kanker payudara yang diobati pada stadium dini memiliki nilai yang lebih tinggi dari pengobatan pada stadium lanjut. Oleh karena itu, pengertian yang sewajarnya tentang kanker payudara, berikut dengan gejala-gejala awalnya sangat penting untuk diketahui oleh semua insan, khususnya wanita, agar jika terdapat kanker payudara, dapat segera mendapat penanganan profesional, yaitu dari Dokter.

 

Definisi

Apa itu kanker payudara?

Kanker dimulai ketika sel-sel mulai tumbuh di luar kendali. Sel di hampir setiap bagian dari tubuh dapat menjadi kanker, dan dapat menyebar ke area lain dari organ asalnya. Kanker payudara adalah tumor ganas yang dimulai di sel-sel payudara. Tumor ganas adalah sekelompok sel-sel kanker yang dapat tumbuh menjadi (menyerang) jaringan atau penyebaran (metastasis) ke daerah yang jauh dari organ asalnya. Penyakit ini terjadi hampir seluruhnya pada perempuan, tetapi pria bisa mendapatkannya juga.

 

Payudara yang normal

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kanker payudara, ada baiknya ketahui terlebih dulu pengetahuan dasar tentang struktur normal payudara.

Payudara perempuan terdiri dari lobulus (kelenjar penghasil susu), saluran (saluran kecil yang membawa susu dari lobulus ke puting), dan stroma (jaringan lemak dan jaringan ikat yang mengelilingi saluran dan lobulus, pembuluh darah, dan pembuluh limfatik).

Kebanyakan kanker payudara dimulai di sel yang melapisi saluran (kanker duktal). Beberapa dimulai pada sel-sel yang melapisi lobulus (kanker lobular), sementara sejumlah kecil mulai di jaringan lain.

 

Sistem Getah Bening Payudara

Penting untuk dipahami bagaimana sistem getah bening bekerja di payudara karena merupakan salah satu cara kanker payudara dapat menyebar. Sistem ini memiliki beberapa bagian.

Kelenjar getah bening berukuran kecil, berbentuk seperti kacang dan merupakan gabungan-gabungan dari sistem sel-sel imun (sel peningkat daya tahan tubuh yang sangat penting untuk melawan infeksi) yang terkoneksi pada pembuluh limfatik.

Pembuluh limfatik berbentuk seperti pembuluh darah kecil, kecuali mereka membawa cairan bening yang disebut getah bening (bukan darah) dari payudara. Kelenjar getah bening berisi cairan jaringan dan produk-produk limbah, serta sel-sel sistem kekebalan tubuh. Sel-sel kanker payudara dapat memasuki pembuluh limfatik dan mulai tumbuh di kelenjar getah bening.

Sebagian besar pembuluh limfatik pada payudara terhubung ke kelenjar getah bening di bawah lengan (axillary nodes). Beberapa pembuluh limfatik terhubung ke kelenjar getah bening di dalam dada (kelenjar limfa mammae internal) dan di atas atau di bawah tulang selangka (supraklavikula atau infraklavikula).

Jika sel-sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa sel-sel bisa juga masuk ke aliran darah dan menyebar (metastasis) ke area lain dalam tubuh. Semakin banyak kelenjar getah bening dengan sel kanker payudara, semakin besar kemungkinan bahwa kanker dapat ditemukan di organ lain juga.

Karena itu, menemukan kanker pada satu atau lebih kelenjar getah bening sering mempengaruhi rencana pengobatan. Namun, tidak semua perempuan dengan sel-sel kanker di kelenjar getah bening mereka mengembangkan metastasis, dan beberapa perempuan awalnya tidak memiliki sel kanker di kelenjar getah bening tapi kemudian dapat metastasis.