Loading…
Penyakit A-Z

Jerawat

Setelah jerawat Anda membaik, Anda perlu untuk melanjutkan pengobatan jerawat atau perawatan lainnya untuk mencegah jerawat baru. Anda mungkin perlu menggunakan obat oles pada daerah rawan jerawat atau mengkonsumsi kontrasepsi oral karena studi terbaru mengungkapkan bahwa kontrasepsi oral (pil KB) terbukti dapat menyembuhkan jerawat. Selain itu, Anda juga bisa menjalankan sesi terapi cahaya secara rutin.

Anda juga perlu rajin berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai cara menjaga kulit agar senantiasa bersih dan sehat. Anda bisa melakukan ini dengan menggunakan aplikasi Konsula.

Berikut ini merupakan beberapa tips pencegahan jerawat:

  • Cuci daerah rawan jerawat hanya dua kali sehari. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Namun bila terlalu banyak mencuci daerah yang berjerawat juga dapat mengiritasi kulit. Cuci daerah yang berjerawat dengan pembersih yang lembut dan bebas kandungan minyak atau produk perawatan kulit berbasis air bebas minyak.
  • Mandi setelah melakukan aktivitas berat. Minyak dan keringat pada kulit Anda dapat menyebabkan jerawat.
  • Cuci rambut Anda dengan rutin apabila rambut berminyak. Mengikat rambut dan mencegah paparan rambut pada daerah kulit wajah juga dapat mencegah terjadinya jerawat baru.
  • Hindari penggunaan produk rambut seperti gel, mousse, krim, atau produk lainnya yang mengandung minyak.
  • Kenakan pakaian longgar. Pakaian ketat dapat membuat kulit tubuh lebih gerah karena merangkap panas dan kelembaban sehingga dapat mengiritasi kulit Anda. Bila mungkin, hindari juga pengunaan pakaian yang bertali ketat, ransel, helm, topi dan peralatan olahraga untuk mencegah gesekan pada kulit Anda.
  • Gunakan krim jerawat atau gel untuk membantu kelebihan minyak kering. Carilah produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat sebagai bahan aktif.
  • Gunakan makeup bebas minyak. Penggunaan kosmetik bebas minyak tidak akan menyumbat pori-pori (noncomedogenics). Selain itu hapus make up Anda sebelum tidur. Tidur dengan kosmetik pada kulit dapat menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, berhenti menggunakan make up yang sudah kadaluarsa. Bersihkan kuas dan aplikator kosmetik secara teratur dengan air sabun.
  • Hindari menyentuh atau memencet di area berjerawat. Melakukan hal tersebut dapat memicu timbulnya lebih banyak jerawat.
  • Hindari menggosok kulit terlalu keras saat membersihkan kulit wajah.
  • Usahakan kulit tidak terpapar langsung sinar matahari, karena beberapa obat jerawat dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.