Loading…
Penyakit A-Z

Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut pada kulit tersumbat sel minyak dan kulit mati sehingga terjadi peradangan yang ditandai dengan adanya bintik jerawat, baik berupa komedo hitam, komedo putih, dan tonjolan kulit bersifat padat ataupun berisi cairan. Beberapa faktor penyebab jerawat adalah perubahan hormon, makanan yang dikonsumsi, stress, masalah medis lainnya seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), rokok, produk kosmetik, konsumsi obat tertentu, dan rokok. Jerawat tampak seperti benjolan kecil pada permukaan kulit baik disertai dengan peradangan atau tanpa disertai peradangan. Pada umumnya, tidak ada pemeriksaan khusus yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis jerawat. Seorang dokter spesialis kulit dapat mendiagnosis jerawat hanya dengan melihat kondisi kulit Anda. Jerawat merupakan jenis penyakit yang memiliki sifat self-limiting, yakni akan membaik dengan sendirinya tanpa intervensi obat-obatan. Namun, bila keberadaannya semakin lama semakin mengkhawatirkan sebaiknya dilakukan tindakan pengobatan.

 

Definisi Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut pada kulit tersumbat sel minyak dan kulit mati sehingga terjadi peradangan yang ditandai dengan adanya bintik jerawat, baik berupa komedo hitam, komedo putih, dan tonjolan kulit bersifat padat ataupun berisi cairan. Biasanya jerawat muncul pada wajah, leher, dada, punggung dan bahu.

Jerawat sangat umum dialami oleh remaja dan orang dewasa muda. Sekitar 80% dari orang berusia 11 hingga 30 tahun memiliki masalah jerawat. Umumnya, jerawat dialami oleh anak perempuan mulai dari usia 14 sampai 17 tahun, dan anak laki-laki dari usia 16 sampai 19 tahun. Kebanyakan orang akan mengalami jerawat secara hilang timbul selama beberapa tahun sebelum gejalanya mengalami perbaikan. Jerawat biasanya akan menghilang ketika seseorang memasuki usia pertengahan dua puluhan, meskipun kadang ada pula yang terus berlanjut hingga usia dewasa. Sebanyak 5% wanita dan 1% pria mengalami jerawat di atas usia 25 tahun.

Jerawat merupakan jenis penyakit yang memiliki sifat self-limiting, yakni akan membaik dengan sendirinya tanpa intervensi obat-obatan. Namun, bila keberadaannya semakin lama semakin mengkhawatirkan sebaiknya dilakukan tindakan pengobatan. Semakin cepat diobati, bakteri penyebab jerawat dapat segera mati dan gagal bertumbuh kembang. Pengobatan tidak selalu harus mengeluarkan biaya mahal. Pengobatan jerawat saat ini sangat beragam pilihannya. Meski pun pengobatan yang dipilih efektif, namun jerawat bisa kembali terus-menerus bila perawatan yang dilakukan tidak dilanjutkan. Salah satu cara merawat kulit dari pertumbuhan jerawat adalah dengan membersihkan kulit wajah dua kali sehari dengan sabun yang tidak terlalu keras sehingga tidak terjadi iritasi pada kulit. Butuh kesabaran dalam mengobati jerawat, sebab jerawat sembuh secara perlahan. Tak jarang bila satu jerawat mulai hilang, muncul jerawat lain di tempat berbeda.

Jerawat dan bekas luka jerawat dapat mepengaruhi hubungan sosial dan tingkat kepercayaan diri penderitanya. Terkadang keadaan ini dapat menyebabkan penderitanya menarik diri dari lingkungan sosial. Apabila Anda mengalami depresi, perasaan cemas atau stres akibat jerawat, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis kedokteran jiwa.