Loading…
Penyakit A-Z

Gingivitis

Pengobatan yang tepat biasanya dapat memperbaiki gejala gingivitis dan mencegah perkembangan penyakit gusi yang lebih serius dan tanggalnya gigi. Pengobatan yang efektif membutuhkan perawatan oleh tenaga profesional seperti dokter gigi diikuti dengan peningkatan penjagaan kebersihan gigi dan mulut harian di rumah.

Perawatan gingivitis oleh tenaga profesional meliputi:

  • Evaluasi awal dan pembersihan gigi secara menyeluruh untuk menghilangkan plak dan tartar dengan metode scaling.
  • Instruksi perawatan gigi harian, seperti cara menggosok gigi yang tepat dan efektif serta anjuran penggunaan dental flossing, obat kumur serta membersihkan lidah.
  • Rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi.
  • Bila diperlukan, maka dapat dilakukan perbaikan atau penambalanan (restorasi gigi) pada gigi yang rusak dan berlubang yang membuat penjagaan kebersihan gigi menjadi sulit.

Scaling mungkin tidak nyaman, terutama jika gusi Anda sudah sensitif atau Anda memiliki plak yang meluas dan penumpukan tartar. Kesejajaran posisi gigi, kondisi tambalan atau restorasi gigi lainnya dapat mengiritasi gusi Anda dan membuat lebih sulit untuk menghilangkan plak selama perawatan di rumah sehari-hari. Jika masalah dengan gigi atau restorasi gigi berkontribusi gingivitis Anda, dokter gigi Anda dapat merekomendasikan untuk memperbaiki masalah ini.

Gingivitis biasanya akan hilang setelah pembersihan secara menyeluruh oleh tenaga profesional disertai dengan pemeliharaan kebersihan mulut dengan baik di rumah. Dokter gigi akan membantu Anda merencanakan program efektif program di rumah.

Sumber: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gingivitis/basics/treatment/con-20021422