Loading…
Penyakit A-Z

Gingivitis

Gingivitis merupakan bentuk umum dan ringan dari penyakit gusi yang ditandai dengan iritasi, kemerahan dan pembengkakan (inflamasi) di gusi. Penyebab paling umum dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang buruk yang menyebabkan terbentuknya plak. Plak gigi adalah lapisan tipis dari mikroorganisme, sisa makanan dan bahan organik yang terbentuk di gigi, kadang-kadang juga ditemukan pada gusi dan lidah. Plak pada gigi terbentuk ketika pati dan gula dalam makanan berinteraksi dengan bakteri. Faktor utama penyebab gingivitis yaitu kesehatan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Untuk merawat kondisi mulut agar tetap terjaga kesehatannya, maka diperlukan kunjungan rutin ke dokter gigi.

 

Deskripsi Gingivitis

Gingivitis adalah bentuk umum dan ringan dari penyakit gusi yang ditandai dengan iritasi, kemerahan dan pembengkakan (inflamasi) di gusi. Karena keluhan dari sakit gingivitis cenderung ringan, menyebabkan banyak penderitanya bahkan sering tidak menyadari bahwa memiliki kondisi tersebut.

Penanganan segera akan gingivitis merupakan langkah penting agar penyakit tidak berkembang menjadi lebih serius. Bila kondisi makin parah, maka peradangan parah akan terjadi di gusi serta jaringan penunjungnya, kondisi ini disebut periodontitis, dan bahkan berujung pada tanggalnya gigi.

Penyebab paling umum dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang buruk. Untuk melindungi diri dari masalah gingivitis, jaga selalu kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menjalankan kebiasaan sehat terhadap kesehatan mulut, seperti menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, flossing setiap hari dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Gingivitis dapat Sebabkan Komplikasi

Gingivitis yang tidak diobati dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang menyebar ke jaringan dan tulang yang mendasari (periodontitis) dan bahkan dapat menyebabkan kehilangan gigi. Periodontitis dan kesehatan mulut yang tidak terawat tidak hanya berdampak pada penyakit dalam mulut tetapi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya.

Meskipun belum sepenuhnya dipahami dan belum ada penelitian yang menyimpulkan secara pasti hubungan penyakit periodontal dengan penyakit lain yang menjalar ke bagian tubuh lain, namun bila masalah radang gusi atau gingivitis ini sudah semakin parah dan berkembang menjadi periodontitis, maka dapat memicu penyakit lain seperti:

  • Penyakit jantung koroner
  • Stroke
  • Gangguan pada saluran pernapasan dan asma
  • Artritis rematik/rheumatoid arthritis
  • Diabetes yang tidak terkontrol
  • Kelahiran prematur atau melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah, pada penderita adalah wanita hamil.

Sumber: