Loading…
Penyakit A-Z

Ejakulasi Dini

Gejala utama ejakalusi dini adalah ejakulasi tidak terkontrol baik sebelum atau sesaat setelah hubungan seksual dimulai. Ejakulasi terjadi saat pelaku seks belum ingin mengalami ejakulasi namun tidak mampu untuk menundanya selama lebih dari satu menit setelah penetrasi. Bahkan penderita ejakulasi dini dapat dengan cepat mengalami ejakulasi dengan rangsangan seksual yang minimal atau masturbasi.

Ejakulasi dini diklasifikasikan menjadi ejakulasi dini primer (ejakulasi dini yang sudah dialami sepanjang hidupnya) dan ejakulasi dini sekunder (ejakulasi dini yang didapatkan pada satu titik kehidupan penderitanya).

  • Ejakulasi Dini Primer. Ejakulasi dini primer merupakan suatu gangguan ejakulasi yang berhubungan dengan gangguan yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Ejakulasi dini primer adalah masalah ejakulasi dini yang dialami sejak hubungan seksual pertama kali dan menjadi masalah di sepanjang kehidupan. Karakteristik yang mungkin dapat ditemui pada pasien dengan ejakulasi dini primer adalah gangguan psikologis dan rasa cemas berlebihan mengenai hubungan seksual yang melibatkan pengalaman traumatik yang dialami pasien dalam masa perkembangannya.
  • Ejakulasi Dini Sekunder (acquired, didapat). Ejakulasi dini sekunder memiliki gejala yang sama dengan ejakulasi dini primer. Tetapi pada ejakulasi dini sekunder, penderitanya pernah mengalami hubungan seksual yang baik dan memuaskan sebelum terjadinya kondisi ejakulasi dini. Ejakulasi dini sekunder dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obat psikotropika, gangguan disfungsi erektil, dan rasa cemas berlebihan saat melakukan hubungan seksual.

 

KAPAN HARUS KE DOKTER?

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami ejakulasi yang lebih cepat dari yang Anda inginkan hampir setiap saat berhubungan seksual. Umumnya pria merasa malu untuk membahas masalah kesehatan seksual, tapi jangan biarkan rasa malu membuat Anda mengurungkan niat untuk berkonsultasi ke dokter Anda. Ejakulasi dini adalah masalah umum dan dapat diobati.

Bagi sebagian pria, percakapan dengan dokter mereka dapat membantu meringankan kekhawatiran tentang ejakulasi dini. Sebagai contoh, dokter akan memberi tahu bahwa faktanya mengalami ejakulasi dini sesekali adalah sebuah hal yang normal dan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan dari awal hubungan seksual untuk ejakulasi adalah sekitar lima menit.