Loading…
Penyakit A-Z

Depresi

Ketika Anda mengalami depresi, Anda dapat merasa seperti tidak akan pernah keluar dari bawah bayangan gelap. Namun, bahkan depresi yang paling parah dapat diobati.

Jadi, jika depresi Anda adalah menjaga Anda dari menjalani kehidupan yang Anda ingin, jangan ragu untuk mencari bantuan. Mempelajari tentang pilihan pengobatan depresi akan membantu Anda memutuskan apa pendekatan yang tepat untuk Anda.

Dari terapi untuk pengobatan hingga perubahan gaya hidup sehat, dan masih banyak lagi perawatan efektif yang dapat membantu Anda mengatasi depresi dan merebut kembali hidup Anda.

Pengobatan obat untuk depresi

Penanganan depresi dapat dibantu dengan obat-obatan, namun terapi obat bukanlah solusi jangka panjang. Penggunaan obat dalam menangani pasien depresi hanya bersifat membantu meringankan beberapa gejala, baik depresi ringan atau pun berat. Selain itu, obat antidepresan juga memiliki efek samping.

Karena mengonsumsi obat yang diresepkan bukan satu-satunya cara menyembuhkan Anda dari depresi, maka Anda harus memperhatikan perawatan lainnya. Melakukan perubahan gaya hidup yang lebih baik dan sehat serta rutin merupakan bagian penting dalam menangani masalah depresi. Rutin menjalankan terapi atau konseling ke dokter, tidak hanya membantu mempercepat pemulihan dari depresi, tetapi juga membuat Anda terampil untuk membantu mencegah kekambuhan depresi.

Perubahan gaya hidup yang dapat mengobati depresi

  • Olahraga. Olahraga tidak hanya meningkatkan kadar serotonin, endorfin, dan hormon-hormon lain yang memicu rasa bahagia dalam tubuh, tapi juga memicu pertumbuhan sel-sel baru pada otak. Sama fungsinya seperti yang manfaat yang didapat dari obat antidepresan. Jadi rutinlah berolahraga secara teratur karena efektif untuk mengobati depresi. ¬†Cukup minimal olahraga selama setengah jam setiap, seperti berjalan cepat, renang atau bersepeda, hal tersebut dapat membuat perbedaan besar.
  • Nutrisi. Makan dengan baik tidak hanya penting bagi kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental Anda. Makan dengan porsi kecil dengan menu seimbang sepanjang hari akan membantu Anda menjaga energi Anda dan dapat membantu Anda untuk menjaga suasana hati agar kerap bagus.
  • Tidur. Tidur memiliki efek yang sangat penting untuk suasana hati. Pastikan Anda selalu cukup tidur di malam hari, yakni tidak kurang dari 7 jam, agar gejala depresi Anda tidak memburuk. Kurang tidur dapat membuat seseorang menjadi sensitif, lekas marah, murung, sedih, dan merasa kelelahan.
  • Dukungan sosial. Dukungan dari teman, sahabat dan keluarga merupakan faktor penting untuk dapat menyelamatkan Anda dari depresi. Jangan ragu juga untuk perluas pertemanan dengan bergabung di sebuah komunitas atau kelas untuk Anda mendapat suasana baru dan kegiatan baru yang positif.
  • Kurangi stres. Buatlah perubahan-perubahan dalam hidup kearah yang lebih positif untuk mengelola dan mengurangi stres. Hindari aspek kehidupan yang memicu stres. Terlalu banyak stres memperparah depresi.

5Sumber: