Loading…
Penyakit A-Z

Depresi

Sebagaimana penyebab depresi, gejala seseorang mengalami depresi pun variatif. Kendati demikian, ada beberapa tanda-tanda umum seseorang yang depresi. Semakin banyak gejala yang Anda alami dalam jangka waktu yang lama maka semakin besar kemungkinan bahwa Anda sedang berhadapan dengan depresi.

Tanda dan gejala depresi meliputi:

  • Perasaan tidak berdaya dan putus asa. Merasa tidak punya harapan untuk memiliki masa depan yang baik. Serta merasa kondisi yang sedang dialami tidak ada solusi.
  • Kehilangan minat pada kegiatan sehari-hari. Tidak ada minat untuk melakukan hobi yang biasa dilakukan, tidak tertarik pada segalam macam hiburan, malas untuk melakukan kegiatan sosial, bahkan hilang minat pada seksualitas. Dengan kata lain, Anda kehilangan kemampuan untuk merasakan kegembiraan dan kesenangan.
  • Perubahan nafsu makan dan berat badan. Penurunan atau penambahan berat badan yang signifikan lebih dari 5% dari berat badan awal dalam sebulan.
  • Perubahan waktu tidur. Bisa insomnia, terbangun pada jam-jam awal pagi atau tengah malam, atau tidur berlebihan.
  • Lebih sensitif dan cepat marah. Merasa gelisah, tidak tenang, atau bahkan merasa tidak ada kedamaian. Tingkat toleransi Anda rendah, sehingga cepat marah, serta merasa segala sesuatu dan semua orang membuat saraf Anda mengencang.
  • Kehilangan energi. Merasa tidak ada daya untuk melakukan kegiatan.
  • Membenci diri. Sangat merasa tidak memiliki harga diri dan selalu salah.
  • Bersikap Onar. Anda terlibat dalam perilaku eskapis seperti penyalahgunaan zat, judi kompulsif, mengemudi sembrono, atau olahraga berbahaya.
  • Masalah Konsentrasi. Sulit fokus, sulit membuat keputusan, atau juga sulit mengingat sesuatu.
  • Nyeri dan sakit tanpa sebab. Peningkatan keluhan fisik seperti sakit kepala, sakit punggung, sakit otot, dan sakit perut.

Depresi sering bervariasi sesuai dengan umur dan jenis kelamin, dengan gejala yang berbeda antara pria dan perempuan, atau remaja serta orang dewasa dan orang yang lebih tua.

 

KAPAN PERLU KE PSIKIATER?

Bila Anda terus-menerus merasa tercekam dengan kesedihan tanpa henti, disertai rasa putus asa yang membuat Anda tidak memiliki gairah untuk melakukan aktivitas rutin harian, saatnya untuk waspada.

Ketahui apa saja tanda-tanda depresi, bila Anda memiliki kesamaan sebanyak empat atau lebih gejala, dan dirasakan setiap hari selama dua minggu, sehingga bahkan tugas dan fungsi Anda dalam kehidupan harian sudah terganggu (semisal, pekerjaan, pengasuhan terhadap anak sebagai orang tua, atau teman-teman Anda mengeluhkan kondisi Anda), itu semua pertanda Anda harus segera periksa dan dapatkan bantuan ke dokter atau psikiater. 

Sumber: http://www.health.com/health/gallery/0,,20854499,00.html