Loading…
Penyakit A-Z

Asam Urat

Akan ada beberapa langkah pengobatan bagi seseorang yang telah didiagnosis mengalami penyakit asam urat atau yang disebut juga artritis gout. Mengobati asam urat membutuhkan dua pendekatan yang menggabungkan obat-obatan dan perubahan gaya hidup. Makin cepat seseorang mendapat pengobatan sejak serangan akut, makin cepat pula penyembuhannya.

Mengatasi serangan akut gout

Berikut adalah langkah-langkah apabila mendapatkan rasa sakit dan pembengkakan akibat serangan gout:

  1. Istirahatkan tubuh selama mengalami serangan penyakit asam urat.
  2. Angkat tungkai Anda dan hindarkan sendi yang sedang mengalami radang dari benturan.
  3. Kompres sendi dengan sekantong es dengan menggunakan kain selama sekitar 20 menit (jangan telalu lama) untuk membantu meredakan rasa nyeri.
  4. Bagi yang mengalami serangan berulang dan telah mendapatkan resep obat, segera minum obat yang diresepkan oleh dokter begitu Anda merasakan serangan. Umumnya, dokter akan memberikan kelompok obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) untuk meredakan peradangan dan nyeri.
  5. Minum banyak cairan (bukan alkohol atau soda manis)
  6. Hubungi dokter Anda dan segera buat janji untuk diperiksa.
  7. Cobalah untuk lebih tenang. Karena panik dan stres dapat memperburuk gout.

Cari bantuan teman-teman atau keluarga untuk membantu Anda dengan tugas-tugas sehari-hari. Pasalnya, serangan gout biasanya memuncak dan selesai dalam waktu seminggu atau 10 hari lalu kemudian menghilang sepenuhnya. Serangan gout pada 36 jam pertama biasanya adalah rasa sakit yang terburuk. Namun, penting bahwa sekali Anda memiliki serangan, Anda mulailah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengontrol kadar asam urat dan mencegah serangan gout berulang.