Loading…
Penyakit A-Z

Asam Urat

Bila Anda sudah memahami apa saja kondisi terburuk yang dialami oleh seseorang penderita penyakit asam urat, tentu Anda sudah harus menjadi lebih waspada terhadap faktor-faktor penyebabnya sebagai sikap preventif. Namun, apabila Anda telah didiagnosis sebagai pasien penderita asam urat, perlu dilakukan tindakan-tindakan untuk mencegah pengulangan serangan gout dan peningkatan keparahan.

Ketahui angka

Untuk mencegah mengalami penyakit asam urat atau berulangnya gejala serangan asam urat, yang harus Anda lakukan adalah rutin cek kadar asam urat. Meskipun tinggi atau tidaknya kadar asam urat dalam darah tidak selalu berpengaruh terhadap pencegahan serangan gout, namun tak ada salahnya menjaga kadar asam urat agar senantiasa dalam batas normal. Untuk laki-laki, ambang normal asam urat dalam darah adalah 7,0 mg/dL. Sedangkan untuk perempuan, ambang normalnya 5,7 mg/dL darah.

Diet rendah purin

Apabila sudah mengetahui memiliki faktor risiko terkena penyakit asam urat, langkah bijak selanjutnya adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman harian. Penyakit asam urat erat kaitannya dengan purin, sebuah zat yang menghasilkan asam urat dalam tubuh.

Baca juga: Makanan Pemicu Asam Urat

Kontrol berat badan

Tubuh yang kegemukan (obesitas) Anda rentan terhadap serangan penyakit asam urat. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap dalam angka ideal. Bila Anda mengalami kelebihan berat badan, jalankan program penurunan berat badan secara bertahap untuk mencegah peningkatan kadar asam urat. Pasalnya, penurunan drastis berat badan dapat meningkatkan asam urat.

Rutin olahraga

Cukup berolahraga selalu penting agar tubuh selalu sehat dan bugar. Hindarilah melakukan olah raga yang dapat memberikan tekanan pada sendi yang meradang bila Anda merasakan gejala penyakit asam urat. Renang dapat menjadi olahraga yang baik bagi pasien gout karena tidak membuat sendi mengalami tekanan.

Minum air putih

Minum air putih secukupnya tiap hari. Kecukupan air membantu tubuh membuang asam urat melalui urin. Semakin banyak asam urat yang bisa keluar dalam urin, risiko pembentukan kristal dapat menurun.

Tepat obat

Pastikan Anda mengonsumsi obat-obatan di bawah pengawasan dokter. Pasalnya, selain melalui pengaturan makanan, minuman, berat badan, dan olahraga, serangan gejala penyakit asam urat juga bisa dicegah melalui obat-obatan yang tepat yang diresepkan oleh dokter.