Loading…
Penyakit A-Z

Asam Urat

Gejala penyakit asam urat belum tentu sama antara pasien satu dengan yang lainnya, gejala sakit asam urat bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya. Ada beberapa orang yang tinggi kadar asam urat (hiperurisemia) dalam tubuhnya, namun tidak mengalami gejala apapun (asimtomatik). Oleh karena itu, waspada selalu akan penyakit asam urat dengan menjaga asupan-asupan yang tinggi purin dan rutin mengecek kadar asam urat dengan melakukan tes darah, karena bisa jadi Anda atau pun anggota keluarga Anda termasuk dari beberapa orang yang asimtomatik sehingga sulit didiagnosis.

Ada juga beberapa orang dengan kadar asam urat yang tinggi dan langsung mengalami gejala karena efek dari asam urat yang berlebihan pada tubuh mereka. Misalnya, mengalami  radang sendi, atau bahkan penyakit ginjal seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

Berikut ini beberapa gejala yang dapat dialami seseorang bila mengalami hiperurisemia:

  • Serangan Gout (radang sendi). Gout atau radang sendi terjadi karena reaksi sel-sel imun terhadap akumulasi kristal asam urat pada sendi. Gout ditandai dengan rasa sakit yang hebat pada sendi yang akan semakin sakit dirasa walau hanya ditekan pelan. Ciri terjadinya radang sendi juga bila didapati pembengkakan pada sendi, disertai rasa hangat dan nyeri. Pasien radang sendi juga kerap mengalami demam dan pengelupasan kulit di sekitar sendi. Gejala-gejala tersebut biasanya dimulai tiba-tiba pada malam hari. Karenanya waspadalah bila kadar asam urat Anda melebihi 10 mg / dL (baik laki-laki dan perempuan), di angka tersebut risiko untuk mengalami gout meningkatkan.
  • Serangan di Sendi Jempol Kaki. Menurut the National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, Amerika Serikat, serangan gout pertama paling banyak dialami pasien di bagian jempol kaki. Lokasi sendi lainnya yang menjadi lokasi umum awal serangan asam urat terdapat di pergelangan kaki, lutut, tumit, jari, siku dan pergelangan tangan. Seseorang yang terserang gout pertama kali, biasanya akan mengalami nyeri pada satu sendi. Sementara, bila serangan berulang, akan lebih banyak sendi lainnya yang terasa nyeri.

  • Durasi Gejala pada Sendi. Rasa sakit yang hebat pada sendi biasanya memuncak dalam tingkat keparahan dalam waktu 12 sampai 24 jam setelah dimulainya gejala. Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, rasa tidak nyaman pada sendi dapat membekas selama beberapa hari sampai beberapa minggu. Bila terjadi serangan lanjutan, maka rasa sakit yang dirasa akan semakin lebih lama dari serangan gout pertama. Tanpa pengobatan yang tepat, terlebih bila serangan gout terjadi berulang-ulang, asam urat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sendi.

  • Gejala pada Kulit. Setelah bertahun-tahun mengalami serangan gout yang berulang, kristal asam urat mungkin mulai membentuk benjolan dari bawah kulit. Benjolan ini yang disebut tophi ini tidak menyebabkan rasa nyeri. Tophi umumnya terjadi pada jari, jari kaki, tangan dan siku. Namun, selama serangan berlangsung atau kumat, tophi dapat menjadi bengkak dan sakit.

  • Gejala pada Ginjal. Jika kristal asam urat menetap di saluran kemih, maka akan menyebabkan batu ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan gejala seperti nyeri di punggung, perut atau selangkangan, demam, menggigil, mual, muntah dan kencing berdarah. Batu ginjal dapat berkembang pada orang yang menderita kadar asam urat tinggi, dan batu ginjal ini mungkin tidak diketahui sampai mereka terjebak di ureter sehingga menyebabkan rasa yang teramat sakit saat buang air kecil, kencing berdarah, bahkan menyebabkan mual dan muntah. Gejala klasik dari batu ginjal adalah nyeri yang tiba-tiba dan intens dalam perut, panggul, dan daerah pangkal paha, yang cenderung datang dalam gelombang. Gejala tambahan mencakup kencing berdarah dan nyeri buang air kecil, dan jika ada infeksi sekunder demam dapat dideteksi. Pasien batu asam urat ginjal didominasi kaum pria dibandingkan perempuan.
  • Gagal ginjal. Gejala yang paling parah terkait dengan kadar asam urat tinggi adalah gagal ginjal, yang bermanifestasi sebagai penurunan buang air kecil, sesak napas, pembengkakan pada tungkai, kebingungan dan mengantuk, kelelahan, atau nyeri dada. Gagal ginjal dapat berkembang pada pasien dengan leukemia, limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin karena kadar asam urat. Ini biasanya konsekuensi dari kemoterapi, yang membunuh sel-sel ganas dan menimbulkan asam urat.

 

KAPAN HARUS KE DOKTER?

Jika tiba-tiba mengalami demam disertai rasa sakit di sendi, segera hubungi dokter Anda atau bergegaslah ke IGD 24 jam terdekat. Gout atau serangan gout yang tidak segera ditangani dengan tepat dapat meningkatkan rasa nyeri dan memperburuk kerusakan sendi. Gejala demam dengan sendi panas dan meradang bisa menjadi tanda terjadi infeksi pada sendi.

Sumber: