Loading…
Penyakit A-Z

Asam Urat

Asam urat adalah suatu senyawa yang secara alami dimiliki oleh tubuh, sebagai sisa hasil metabolisme dalam tubuh. Sebagai senyawa alami, keberadaan asam urat berfungsi sebagai antioksidan yang meregenerasi sel-sel di dalam tubuh. Dengan kata lain, setiap peremajaan sel tubuh manusia membutuhkan asam urat.

Kendati demikian, kadar asam urat di dalam tubuh, tidak boleh berlebih atau pun kurang. Jika tubuh kekurangan kadar asam urat, maka tubuh secara otomatis akan kekurangan antioksidan, sehingga akan banyak oksidan (radikal bebas) yang membunuh sel-sel dalam tubuh. Akibatnya, bila sel-sel yang diserang adalah pada sel-sel kulit, maka kulit akan mudah kusam dan tidak sehat.

Apabila kadar asam urat dalam tubuh kurang dari angka ambang normal, maka dapat dipenuhi angka kecukupannya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi kandungan asam urat di dalamnya, seperti daging, jeroan, ekstrak daging, daging awetan, ikan atau hewan laut. Namun, waspada dan jaga jumlah asupan-asupan tersebut agar tidak terjadi lonjakan kadar asam urat dalam tubuh. Bila kadar asam urat dalam tubuh seseorang sudah melebihi ambang normal, maka orang tersebut mengalami penyakit asam urat.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang dikarenakan angka ambang kadar asam urat dalam tubuh seseorang melampaui batas normal. Normalnya, kadar asam urat pada tubuh seorang pria berkisar 3,5 hingga 7,2 mg/dl. Sedangkan kadar normal asam urat dalam tubuh seorang perempuan berada di kisaran angka 2,6 hingga 6 mg/dl. Lakukan cek darah rutin untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Jika kadar asam urat seseorang melebihi ambang normal, maka asam urat menjadi tidak dapat larut dalam darah, lalu mengendap menjadi kristal urat dan kemudian masuk ke organ-organ tubuh, khususnya ke dalam sendi. Proses tersebut memicu sel-sel kekebalan tubuh (sel imun) untuk memusnahkannya.

Aksi sel imun tersebut akan menimbulkan reaksi radang atau inflamasi yang menyebabkan bengkak kemerahan dan timbul rasa nyeri. Demikianlah terjadi penyakit yang bernama penyakit radang sendi atau artritis. Karena penyebabnya adalah kristal asam urat maka disebut artritis gout. Untuk singkatnya, disebut gout.

Sumber: